Bersyukur

Kadang-kadang kita selalu berpikir mengapa hidup orang itu selalu mudah. Apa yang ia dapatkan seperti tidak pernah meleset dari targetnya dan selalu sesuai harapannya. Kita mungkin berpikir rencana hidupnya selalu tercapai tepat pada waktunya. Waktu ideal di mata kebanyakan orang.

Kita selalu berharap ada di posisi orang itu. Ingin menjalani hidup seperti yang ia jalani. Memiliki keluarga yang bahagia, kaya, taat, berpendidikan. Hidupnya selalu lurus. Pendidikannya sukses. Jodohnya datang tepat waktu. Sesuai perencanaannya. Pasangannya sangat ideal. Pekerjaannya bagus. Dan kebaikan-kebaikan lain dalam pandangan kita sebagai manusia.


Padahal di keadaan yang berbeda, ada orang yang sangat ingin bertukar posisi dengan kita. Ingin menjalani hidup seperti yang kita jalani. Hidup yang sebenarnya menurut kita sangat sederhana dan banyak kekurangan.


Seseorang sepertinya harus mempelajari bagaimana rasa syukur itu bekerja untuk bisa terlepas dari jebakan-jebakan iri dengan hidup orang lain. Bersyukur dan qonaah adalah cara untuk memahami bahwa setiap hal yang Allah jadikan dalam hidup kita adalah keadaan yang terbaik. Pemberian yang terbaik. Oleh karenanya jangan berputus asa dan kehilangan harapan. Setiap kita harus mempersembahkan yang terbaik untuk Tuhan, diri dan sesama.


Jangan lupa bersyukur!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.